Rabu, 04 April 2018

Agar Cantik dan Terjaga Baik Gunakan Tabir Surya Terpisah dari Kosmetik

Agar Cantik dan Terjaga Baik Gunakan Tabir Surya Terpisah dari Kosmetik

Ada banyak produk kosmetik yang mengklaim memiliki kandungan tabir surya (SPF). Namun, seperti halnya sampo mengandung kondisioner, para ahli menganggap hal ini hanya bagus dikonsepnya.

Secara teknis, SPF dalam foundation tak berbeda dengan produk tabir surya terpisah, dan bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Agar efektif, kita juga perlu tahu cara pemakaian yang tepat.

"Untuk mencapai kadar SPF seperti yang tertulis di label, kita harus memakai sekitar 2 mg produk persenti meter kulit, atau sekitar satu sendok ke wajah," kata ahli dermatologi Sonia Batra MD dari California.

Masalahnya, menurut Batra, kebanyakan orang tidak memakai tabir surya dalam jumlah yang direkomendasikan, bahkan kurang dari separuh yang disarankan.

Selain itu, para ahli juga menyarankan agar kita memakai ulang tabir surya setiap dua jam saat berada di bawah sinar matahari. Tentu kita tidak memakai foundation tiap dua jam bukan?

Itu sebabnya, menurut Batra, kebanyakan produk kosmetik yang mengandung SPF kurang efektif melindungi.

"Kandungan SPF dalam kosmetik ibarat taburan gula di cake. Memang kosmetik yang mengandung SPF membantu, tapi bukan perlindungan utama," katanya.

Untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, lebih baik gunakan tabir surya yang terpisah dari kosemtik.

"Gunakan dulu tabir surya, biarkan meresap sebelum memakai make up. Aplikasikan di seluruh wajah dan leher," saran Batra.

Jika kamu ingin membeli produk kosmetik mengandung SPF, pastikan memiliki tabir surya dengan perlindungan spektrum yang luas, yaitu melindungi dari UVA dan UVB.

Pilih kosmetik yang kandungan SPF-nya lebih dari 15, idealnya 30. Walau tiap produk kosmetik yang kamu pakai mengandung SPF, bukan berarti kadar SPF-nya akan terakumulasi.

Sebagai contoh, jika pelembab wajah kamu mengandung SPF 30 dan SPF 15 di foundation, bukan berarti kulitmu mendapat perlindungan SPF 45. Menurut Batra, SPF-nya tetap 30.

Salah satu produk kosmetik yang menurut Batra wajib mengandung SPF adalah lip balm.

"Bibir hampir tidak mengandung melain, sehingga perlu perlindungan ekstra dari sinar matahari," katanya.

Memakai lipstik yang "matte" juga lebih disarankan dibanding glossy, karena produk yang berkilau lebih menarik sinar matahari dan memperparah efek terbakar.

0 komentar:

Posting Komentar