Rabu, 04 April 2018

Ketahui Warna Ingus danMakna Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Warna Ingus danMakna Bagi Kesehatan Tubuh

Kondisi kesehatan bisa terungkap lewat ingus yang Anda keluarkan. Mulai sekarang, jangan sepelekan warna ingus Anda. Berikut tanda bahaya dari warna ingus, dirangkum dari Businessinsider pada Jumat (23/3/2018).

1. Ingus Bening

Ingus bening masih dianggap normal. Namun menurut The Cleveland Clinic, ingus bening yang terus mengalir berlebihan bisa jadi tanda alergi atau sinyal bahwa Anda sebentar lagi akan terkena flu.

Lendir jernih ini melindungi hidung Anda dari partikel membahayakan yang bertebaran di udara. Umumnya, ingus bening seperti ini mengandung protein, air, antibodi, dan garam.

2. Ingus Putih

Cermati jika hidung Anda mengeluarkan ingus putih. Kemungkinan hidung Anda sedang tersumbat karena jaringan hidung yang bengkak dan teriritasi.

Ingus seperti ini bisa saja berasal dari infeksi atau flu. Selain itu, akibat dari terlalu banyak makan produk susu, alergi, dan dehidrasi.

3. Ingus Kuning

Curigai jika ingus Anda berwarna kuning. Ini tanda bahwa tubuh sedang mempertahankan diri supaya tetap sehat dari flu dan infeksi.

Warna kuning tersebut berasal dari sel darah putih yang telah mati. Saat ingus seperti ini, Anda mungkin belum merasa perlu konsultasi ke dokter, tetap tubuh sudah mulai sakit. 

4. Ingus Hijau

Ingus yang seperti ini mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres di tubuh dan sistem kekebalan tubuh Anda bekerja lebih keras.

Di dalam lendir yang seperti ini, terdapat banyak sel darah putih yang mati dan kepingan sel lainnya. Apabila kondisi ingus masih seperti ini hingga lebih dari 12 hari, segera periksa ke dokter. Dikhawatirkan ada infeksi sinus.

5. Ingus Merah

Ini tanda bahwa jaringan hidung Anda kering, terdapat kerusakan, atau teriritasi. Warna merahnya berasal dari darah.

6. Ingus Coklat

Ini bisa jadi petunjuk bahwa Anda teriritasi dan terdampak polusi. Warna coklat ini bisa berasal dari darah yang mengering atau polutan.

Namun, bila Anda batuk dan mengeluarkan lendir coklat, mungkin Anda menderita bronkitis. 

7. Ingus Hitam

Ingus hitam biasanya terjadi bila Anda menghirup asap. Namun bila Anda bukan perokok, segeralah periksa ke dokter karena mungkin Anda sedang mengalami infeksi jamur.

0 komentar:

Posting Komentar