Sabtu, 09 Juni 2018

4 Tips Memilih Shuttlecock yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

4 Tips Memilih Shuttlecock yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Sering bermain bulutangkis atau badminton membuat Anda dekat dengan shuttlecock atau yang disebut juga sebagai cock. Cock ini bisa dikatakan sebagai “bola” dalam permainan sekaligus olahraga badminton yang saling digiring masing-masing pemain untuk mencetak skor. Jika sepak bola skor diperoleh saat bola membobol gawang tim lawan maka pada badminton skor bertambah jika cock jatuh di dalam area pemain lawan. Sehingga aksi memukul cock dengan teknik tertentu nampak seru untuk disaksikan.

Rupanya cock ini memiliki jenis yang beragam, dimulai dari bahan baku yang ternyata tidak hanya terbuat dari bulu angsa saja. Melainkan ada pula beberapa produsen yang mempergunakan bulu bebek maupun bulu sintetis yang otomatis mempengaruhi harga dan kualitasnya. Maka sebelum membelinya dari toko online maupun offline usahakan untuk paham bagaimana karakter cock yang baik. Sebab kualitas cock ini perlu diakui mempengaruhi kualitas permainan Anda.

Tips Memilih Cock Badminton

Memahami pentingnya peran cock di dalam badminton maka beri pesan bagi siapa saja agar teliti dalam menentukan pilihan. Beberapa tips ini sebaiknya diperhatikan agar tak salah pilih:

1.       Baiknya yang bulunya tahan lama,
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya jika jenis cock ini ditentukan oleh jenis bulu yang digunakan. Baiknya memilih bulu yang tahan lama dan paling bagus adalah dari bulu angsa hanya saja jangan kaget jika harganya lumayan. Jika butuh yang lebih murah bisa ke bulu bebek, yang jika dirawat baik bisa awet juga.

2.       Memperhatikan jenis gabusnya,
Selain ditentukan oleh jenis bulu yang digunakan, ternyata kualitas dari shuttlecock ini juga ditentukan oleh gabus di dasarnya. Gabus ini umumnya berwarna kecoklatan cerah di bagian bawah cock dan dari luar sudah ditutup oleh pewarna berwarna putih. Jenis gabus paling bagus adalah gabus alami namun kembali lagi harganya tidak ramah di kantong alias mahal. Gabus sintetis memang murah namun daya lempar cock tidak sebagus gabus alami.

3.       Cek speed number di badan cock,
Ketika mampir ke toko peralatan olahraga untuk membeli cock ini maka jangan terlupa untuk mengecek speed number-nya. Sesuai dengan namanya angka ini menunjukan kecepatan cock tersebut ketika mendarat usai dipukul ke arah lawan. Pemain profesional di Indonesia kebanyakan memilih angka 76-77, artinya kecepatan paling rendah 76 dan angka 77 mengarah kepada kecepatan sedang. Kecepatan ini juga dipengaruhi oleh kawasan tempat tinggal apakah dataran rendah atau tinggi.

4.       Sesuaikan dengan tujuan pemakaian,
Mengetahui jika jenis dari cock ini cukup banyak dan ada yang bisa dibeli dengan biaya murah ada pula yang sebaliknya. Menuntut Anda untuk bijak dalam memilih dan idealnya disesuaikan dengan kebutuhan ataupun kondisi finansial. Jika memang kantong mendukung silahkan memilih yang mahal karena lebih awet. Hanya saja jika bermain badminton dilakukan bersama anak-anak di rumah memakai cock mahal dirasa terlalu berlebihan. Maka lebih bijak jika mencari yang biasa dan murah.


Cock yang tepat bisa menunjang permainan badminton Anda, namun usahakan jangan asal mahal saja karena bisa jadi yang murah sudah lebih dari cukup. Tips yang disampaikan di atas membantu Anda lebih paham bagaimana memilih cock yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga paham butuh yang berkualitas super atau yang sedang saja ketika melirik tujuan pemakaiannya. Mendapatkan shuttlecock yang bagus pun bisa di toko online atau toko perlengkapan olahraga konvensional. 

0 komentar:

Posting Komentar