Rabu, 14 November 2018

Tips Memilih Baju Batik

Tips Memilih Baju Batik

Salah satu warisan budaya Indonesia adalah batik. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut berbangga karena batik tidak hanya populer di negeri sendiri melainkan juga dikenal hingga mancanegara. Batik merupakan indentitas bangsa, sehingga sudah seharusnya dilestarikan. Batik ada yang dibuat dengan cara ditulis, dicap, dilukis maupun di-print dengan print kain.

Mulanya batik dikenal sebagai outfit yang hanya cocok dipakai oleh orang tua. Lebih dari itu, batik juga identik dengan acara-acara formal saja. Namun kini batik lebih universal, di mana anak muda pun tetap keren dengan paduan batik ini. Selain itu saat ini batik juga lebih fleksibel karena bisa dikenakan dalam kegiatan apa pun, baik yang formal maupun non-formal.

Memilih Baju Batik

Menariknya lagi, motif atau corak batik sangat bervariasi sehingga kita pun lebih leluasa memilih motif kesukaan. Bahkan hampir setiap daerah memiliki motif batik yang khas. Kendati demikian, kita harus tetap teliti ketika berencana membeli baju batik. Apa lagi kini banyak model baju batik yang tentu saja harus dipilih sesuai kebutuhan. Nah, agar tidak salah memilih baju batik, simaklah tips-tips di bawah ini.

1. Ukuran baju batik

Sama halnya dengan memilih jenis pakaian lainnya, memilih batik juga harus memperhatikan ukurannya. Banyak toko pakaian yang menyediakan baju batik siap pakai. Akan tetapi, tidak semua baju batik tersebut cocok dengan ukuran tubuh Anda. Oleh karena itu pastikan untuk mengetahui ukuran baju yang biasa Anda kenakan. Sebaiknya memilih baju batik yang pas dengan tubuh, tidak terlalu pendek atau tidak terlalu panjang. 

2. Bahan baju batik

Setelah mengetahui ukuran baju yang pas dengan tubuh Anda, pertimbangan sebelum membeli batik selanjutnya adalah bahan atau kain batik. Ya, ada berbagai pilihan kain atau bahan yang bisa dijadikan sebagai baju batik. Tiap jenisnya memiliki kelebihan masing-masing. Ada bahan katun ada pula bahan sutra. Bahan sutra banyak dipilih karena kualitas kainnya yang bagus sehingga akan membuat pemakainya lebih nyaman dan terlihat elegan.

Perihal jenis kain baju batik ini bisa disesuaikan dengan budget yang sudah Anda siapkan ya. Lagi pula baju batik yang terbuat dari bahan katun pun sudah terbilang bagus.

3. Warna dan motif batik

Sebelum memutuskan membeli pakaian, tentu Anda akan mempertimbangkan pemilihan warnanya. Hal ini juga berlaku saat membeli batik, di mana Anda harus mempertimbangkan pemilihan warna dan motif batik. Upayakan untuk memilih print kain batik yang warna dasar batik serta motif batiknya serasi. 

Pilihlah baju yang motif geometrisnya besar tapi ukurannya kecil apabila Anda termasuk pemilik tubuh besar, dan pilihlah baju yang ukuran geometrisnya sedang apabila Anda memiliki ukuran tubuh yang mungil.

Demikianlah 3 tips dasar yang perlu diperhatikan sebelum membeli baju batik. Hal-hal di atas penting untuk diterapkan terutama bagi Anda yang ingin membeli baju batik siap pakai (sudah jadi). Sedikit ribet memang karena ukuran dan motifnya belum tentu sesuai dengan keinginan. Namun apabila Anda ingin mempunyai baju batik yang lebih ekslusif, maka Anda disarankan mengandalkan jasa print kain. Mereka akan membantu Anda memiliki print kain batik yang motif atau desainnya sesuai permintaan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar